Sen. Des 4th, 2023

BPBD DKI: 54 RT Terendam Banjir Akibat Hujan Hingga Minggu Siang

Harian Deteksi – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan setidaknya ada 54 RT di Ibu Kota yang terendam banjir akibat hujan yang melanda wilayah DKI dan sekitarnya sejak Sabtu, 4 November 2023 hingga Minggu (5/11/2023).”Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (4/11/2023), menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta,” ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta¬†Isnawa Adji.

Dalam laporannya BPBD DKI menyebut sebelumnya wilayah yang terendam genangan air hanya 22 RT, namun hingga Minggu (5/11/2023) siang ini genangan air meluas hingga 54 RT.

Diketahui hujan masih melanda beberapa wilayah di DKI dan sekitarnya hingga siang ini.

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 22 RT, saat ini menjadi 54 RT atau 0,175 % dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata dia.

Isnawa Adji merinci wilayah terdampak genangan yakni di Jakarta Selatan terdapat 2 RT yang terdiri dari Kelurahan Rawajati sebanyak 1 RT dan Kelurahan Kebon Baru sebabyak 1 RT dengan ketinggian air mencapai 60 cm.

Di Jakarta Timur terdapat 52 RT yang terdiri dari Kelurahan CIlilitan sebanyak 6 RT dengan ketinggian air mencapai 30 hingga 160 cm disebabkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Baru.

Kemudian di Kelurahan Cawang sebanyak 14 RT dengab ketinggian 30 hingga 250 cm akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali. Di Ciliwun Kelurahan Bidara Cina sebanyak 5 RT dengan ketinggian 40 hingga 120 cm akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

Kampung Melayu

Sementara Di Kelurahan Kampung Melayu terdapat 27 RT dengan ketinggian air mencapai 30 hingga 175 cm akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

Isnawa Adji menyebut pihaknya sudah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

“Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” kata dia.

Cuaca Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh DKI Jakarta diliputi langit mendung atau cuaca berawan, pada Minggu, 5 November 2023. Berlangsung hingga malam hari, namun ada sejumlah titik yang bakal diguyur hujan.

Kedua wilayah tersebut dilaporkan BMKG terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan bagian timur Ibu Kota.

Sama halnya dengan kedua wilayah di DKI Jakarta, sejumlah kota penyangga diperkirakan akan turun hujan ringan. Bahkan menurut catatan BMKG berpotensi hujan angin dibarengi petir pada siang hingga malam hari.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi,” jelas BMKG diperingatan dini cuaca.

Namun, cuaca Minggu pagi di seluruh wilayah Depok, Tangerang, Bekasi juga Bogor diprediksi cerah berawan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *