Kam. Nov 30th, 2023

Harian Deteksi – 10 Penyebab Perut Sebelah Kanan Terasa Mengganjal dan Nyeri

Penyebab perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri sebagian besar disebabkan oleh adanya penyakit yang serius. Jadi, kamu perlu waspada nih bila mendapati keluhan ini dan perhatikan juga gejala-gejala lain yang kamu rasakan.

Perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri yang terjadi dalam 1–2 hari biasanya tidak berbahaya dan tidak perlu mendapatkan pengobatan. Namun, kalau keluhan ini sudah berlangsung lebih dari 6 bulan dan intensitasnya makin sering, mungkin pertanda adanya penyakit serius.

10 Penyebab Perut Sebelah Kanan Terasa Mengganjal dan Nyeri - Alodokter

Penyebab Perut Sebelah Kanan Terasa Mengganjal dan Nyeri

Ada banyak penyebab perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri, yaitu:

1. Otot perut tegang

Terlalu sering mengangkat benda yang berat bisa membuat otot-otot di sekitar perut, termasuk sebelah kanan, menjadi tegang. Jika ketegangan terjadi di otot perut sebelah kanan, maka bisa muncul rasa mengganjal dan nyeri yang hilang timbul.

Nah, jika disebabkan oleh kondisi ini, umumnya, dengan istirahat dan rutin latihan peregangan, otot perut yang tegang bisa relaks dan nyerinya bisa mereda, kok.

2. Infeksi saluran kemih (ISK)10 Penyebab Perut Sebelah Kanan Terasa Mengganjal dan Nyeri - Alodokter

Saluran kemih tersusun dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra. Ginjal dan ureter normalnya berjumlah 2 dan berada di sisi kanan dan kiri.

Jika terjadi infeksi pada saluran kemih (ISK) yang berada di sisi kanan, bisa muncul perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri. Biasanya selain nyeri, bisa muncul sensasi terbakar saat pipis, frekuensi pipis meningkat, serta urin keruh, berbau busuk, dan berdarah.

Penanganan ISK akan disesuaikan dengan kondisi pasien dan kuman penyebab infeksi. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter bisa meresepkan antibiotik.

3. Hernia

Hernia umbilikalis merupakan jenis hernia dengan keluhan perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri, yang disertai dengan munculnya penonjolan yang hilang timbul. Biasanya keluhan tersebut akan muncul saat penderitanya batuk, menangis, mengangkat, dan mengejan.

Jika dibiarkan, pada beberapa orang hernia bisa terjepit hingga menyebabkan kematian jaringan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami hernia periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanangan.

4. Radang usus buntuSakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Penyebab serta Cara Mengatasinya - Alodokter

Radang usus buntu (apendisitis) merupakan kondisi yang bisa membuat perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri. Nyeri perut kanan bawah akibat kondisi ini bisa disertai dengan demam, mual atau muntah, dan nyeri tekan.

Saat seseorang dicurigai mengalami radang usus buntu, pemeriksaan laboratorium untuk melihat ada tidaknya peningkatan sel darah putih akan dilakukan. Apendisitis akut harus segera ditangani agar tidak menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti peritonitis.

5. Radang panggul

Radang panggul bisa ditandai dengan rasa nggak nyaman pada perut sebelah kanan yang terasa nyeri. Selain itu, radang panggul juga bisa menyebabkan keputihan yang berbau tidak sedap, nyeri vagina saat berhubungan seks, dan sensasi terbakar saat pipis.

6. Penyakit hati

Penyakit hati, seperti hepatitis, bisa membuat perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri. Hepatitis paling sering disebabkan oleh infeksi virus. Selain nyeri perut kanan, kondisi ini juga bisa ditandai dengan penyakit kuning, demam, warna urine yang gelap, dan nyeri sendi.

7. Pankreatitis

Merasa perut sebelah kanan terasa nyeri yang bertambah parah saat tidur berbaring, makan makanan berlemak, atau minum air? Bisa jadi nih tanda adanya pankreatitis. Nyeri perut akibat pankreatitis juga dapat menjalar ke punggung yang bisa membuatmu tidak nyaman.

8. Kolesistitis

Kolesistitis bisa terjadi karena adanya peradangan pada kantong empedu akibat batu empedu, infeksi virus, atau tumor. Kondisi ini membuat perut terasa panas dan mengganjal, khususnya perut sebelah kanan atas tengah. Sama halnya seperti pankreatitis, nyeri akibat kolesistitis bisa muncul saat makan makanan berlemak.

9. ProstatitisNyeri Perut Di Bagian Kanan Bawah, Hati-Hati Terkena Penyakit Ini! | Orami

Beberapa jenis prostatitis kronis bisa berdampak pada rusaknya saraf yang ada di panggul. Akibatnya, penderita prostatitis dapat merasakan nyeri di perut bagian bawah, termasuk sebelah kanan. Nyeri perut bisa dibarengi dengan nyeri saat buang air kecil dan sering buang air kecil di malam hari.

10. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal, seperti infeksi ginjal dan batu ginjal, bisa menyebabkan nyeri di punggung bagian bawah yang berpindah ke sisi kanan dan kiri bawah perut. Penyakit ini juga bisa membuat penumpukan cairan di kaki, sehingga kaki membengkak.

Mendapati perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri jangan sampai terabaikan, ya. Kalau kamu merasakan keluhan ini, jangan tunda untuk pergi ke dokter. Dengan begitu, dokte

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *