Kam. Nov 30th, 2023

Harian Deteksi – 7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat

Obat batuk kering alami dapat digunakan untuk meredakan batuk yang terus-menerus dan melelahkan. Obat ini terbuat dari bahan herbal khas Indonesia yang sudah turun-temurun terbukti ampuh dan minim efek samping.

Batuk kering adalah usaha tubuh untuk mengeluarkan iritan atau infeksi yang menyebabkan peradangan pada tenggorokan atau saluran pernapasan. Namun, jika infeksi bertahan atau iritan sulit dikeluarkan, tubuh akan terus berusaha untuk mengeluarkannya melalui batuk. Akibatnya, batuk jadi tidak terkendali.

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

Batuk kering yang sulit dikendalikan dapat menguras energi, mengganggu aktivitas, bahkan membuat tenggorokan dan perut bertambah sakit. Oleh karena itu, ketika batuk kering menyerang, Anda perlu obat supaya batuk tidak sampai mengganggu Anda.

Berbagai Rekomendasi Merek Obat Batuk Kering Alami

Ada bermacam-macam bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan batuk kering, contohnya madu dan jahe. Untuk mengatasi batuk kering, bahan-bahan alami tersebut bisa diolah menjadi obat sirop maupun minuman herbal.

Berikut ini adalah rekomendasi obat batuk kering alami bisa Anda dapatkan dengan mudah:

Laserin Sirup

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

Beli Laserin Sirup di Sini

Laserin terbuat dari bahan herbal alami, seperti jahe merah, cengkeh, daun sirih, dan kayu manis. Berbagai bahan tersebut dapat memberikan rasa hangat, serta melegakan tenggorokan dan meredakan batuk.

Jahe di dalam obat batuk kering alami ini sudah lama dikenal mampu mengurangi refleks batuk. Jahe diduga bekerja dengan melebarkan saluran napas sehingga napas akan lebih lega dan menurunkan respons terhadap iritasi.

Laserin tersedia dalam bentuk sirop. Dosis obat ini untuk orang dewasa adalah 1 sendok makan 3 kali sehari, sedangkan dosis untuk anak-anak adalah 1 sendok teh 3 kali sehari. Anda juga bisa memberikan Laserin untuk bayi dengan dosis ½ sendok teh 2 kali sehari.

Herbakof

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

Beli Herbakof di Sini

Herbakof merupakan obat alami untuk meredakan batuk. Obat batuk kering alami ini mengandung daun lagundi, daun saga, buah mahkota dewa, dan jahe. Kombinasi bahan-bahan tadi secara turun-temurun dipercaya mampu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

Kandungan daun saga dan jahe dalam obat ini diketahui bisa meredakan batuk kering dengan cara menekan refleks batuk. Selain itu, kandungan jahe di dalam obat ini juga mampu menenangkan tenggorokan yang sedang iritasi sehingga batuk bisa berkurang.

Herbakof dikemas dalam bentuk sirop. Untuk orang dewasa, minumlah 15 ml Herbakof 3 kali sehari, sedangkan dosis untuk anak usia 6–12 tahun adalah 5 ml 3 kali sehari.

OB Herbal Antangin Sirup

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

Beli OB Herbal Antangin Sirup di Sini

OB Herbal adalah obat batuk kering alami dengan kombinasi bahan aktif jahe, jeruk nipis, akar manis, madu, kencur, dan thyme. Obat ini dipercaya dapat meredakan batuk, serta menghangatkan dan melegakan tenggorokan.

Thyme di dalam OB Herbal mengandung senyawa timol. Senyawa ini diyakini mampu membantu membasmi virus dan bakteri penyebab batuk. Selain itu, madu di dalam obat batuk kering alami ini juga bisa meredakan iritasi tenggorokan yang memicu batuk.

OB Herbal tersedia dalam bentuk sirop. Konsumsilah obat ini 15 ml, 3 kali sehari untuk orang dewasa. Pada anak-anak, obat ini bisa diminum 7,5 ml, 3 kali sehari.

Madu Uray Honey and Ginger

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

Beli Madu Uray Honey and Ginger di Sini

Madu Uray Honey & Ginger terbuat dari madu murni yang dikombinasikan dengan jahe. Kombinasi bahan dalam obat batuk kering alami bisa meredakan batuk dan mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Madu Uray Honey & Ginger juga bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan infeksi atau iritasi penyebab batuk. Kandungan jahe di dalam obat ini juga mampu memberikan rasa hangat yang dapat melegakan tenggorokan.

Anda bisa mengonsumsi Madu Uray Honey & Ginger sebanyak 1–2 stick per hari. Anda bisa langsung meminum madu ini atau mencampurnya dengan air hangat.

Madu Super Nusantara

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

 

Beli Madu Super Nusantara

Madu Super Nusantara mengandung madu alami, royal jelly, dan bee pollen. Bahan alami ini terbukti mampu menekan refleks batuk kering dan meringankan radang tenggorokan. Madu juga memiliki efek antibakteri yang bisa mengatasi infeksi virus atau bakteri penyebab batuk.

Ada dua kemasan Madu Super Nusantara yang tersedia, yaitu:

  • Madu Super Nusantara Saset
  • Madu Super Nusantara 100 ml

Obat batuk kering alami ini bisa diminum oleh anak usia di atas 1 tahun hingga orang dewasa. Anda bisa mengonsumsi Madu Super Nusantara secara langsung, atau bisa juga dicampur dengan minuman maupun air hangat.

Hayatiqu Jahe Merah Gula Tebu

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

Beli Hayatiqu Jahe Merah Gula Tebu di Sini

Hayatiqu Jahe Merah Gula Tebu merupakan minuman bubuk yang mengandung jahe merah, habbatussauda, ginseng, madu, mahkota dewa, dan secang. Selain untuk menghangatkan tubuh, minuman ini juga bisa meredakan batuk kering.

Jahe, bahan utama minuman ini, mampu menekan refleks batuk dan melegakan tenggorokan. Kandungan madu di dalam obat batuk kering alami ini juga dapat meredakan sakit tenggorokan yang dapat memicu batuk.

Untuk meredakan batuk kering, Anda bisa mencampurkan 3 sendok teh Hayatiqu Jahe Merah Gula Tebu dengan 200 ml air. Dianjurkan menggunakan air hangat agar minuman ini dapat memberikan rasa nyaman di tenggorokan.

Serbat Cap Jangkrik Mas

7 Obat Batuk Kering Alami yang Efektif dan Mudah Didapat - Alodokter

Beli Serbat Cap Jangkrik Mas di Sini

Serbat Cap Jangkrik Mas adalah minuman herbal dengan resep tradisional yang mengandung jahe, serai, kencur, cengkeh, akar manis, cabe puyang, dan kayu manis. Minuman ini secara turun-temurun digunakan untuk meredakan batuk, mengurangi peradangan, serta membantu mengatasi infeksi bakteri dan virus.

Kandungan jahe di dalam obat batuk kering alami ini mampu mengurangi frekuensi batuk, serta membantu sistem imun tubuh melawan bakteri dan virus. Jahe juga bisa melegakan pernapasan dan menenangkan radang tenggorokan.

Obat batuk kering alami ini bisa diminum sesuai kebutuhan. Campurkan satu saset Serbat Cap Jangkrik Mas dengan air atau minuman hangat, seperti teh. Anda juga bisa mengonsumsi obat ini seperti memakan permen.

Obat batuk kering alami dapat membantu meringankan gejala sehingga Anda lebih nyaman untuk beraktivitas. Selain minum obat, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih, beristirahat yang cukup, serta menghindari polusi atau asap rokok.

Konsultasikan kondisi Anda ke dokter jika batuk kering tidak juga membaik setelah mengonsumsi obat-obatan di atas. Anda juga perlu segera mencari pertolongan medis jika mengalami batuk berdarah, nyeri dada parah yang tiba-tiba, maupun sulit bernapas atau sesak napas.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *