Kam. Des 7th, 2023
Masih di Luar Negeri, Presiden Jokowi Tak Hadir Saat PDIP Deklarasi calon wakil presiden Ganjar di Kantor DPP PDIP

Harian Deteksi Presiden Joko Widodo tidak hadir saat pengumuman calon wakil presiden Ganjar Pranowo yang digelar Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Politisi PDIP, Andreas Hugo Pereira menyebut, ketidak hadiran Jokowi itu dikarenakan masih berada di luar negeri. Yakni, orang nomor satu di Indonesia itu tengah melakukan kunjungan kerja ke China dan Arab Saudi.

“Setahu saya Pak Presiden sedang bertugas di luar negeri,” jelas Hugo.

Adapun Jokowi akan kembali ke Tanah Air pada Sabtu (21/10/2023). Menurut Hugo kantor tempat deklarasi cawapres Ganjar Pranowo itu tidak bisa menampung seluruh kader partai PDIP seluruh Indonesia.

Sehingga, deklarasi cawapres hanya akan dihadiri secara terbatas yaitu dari partai anggota koalisi hingga Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden.

“Kalau kehadiran kader partai karena deklarasi ini di kantor DPP Diponegoro sehingga yang hadir terbatas DPP dari partai pendukung, TPN, dan media. Sementara kader-kader partai baik struktural, legislatif maupun seluruh Indonesia mengikuti melalui media sosial yang sudah diumumkan,” terang Hugo.

Terkait tidak hadirnya Jokowi dalam acara deklarasi cawapres ganjar Pranowo, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani memberi tanggapan. Puan Maharani menyatakan, partainya dan Jokowi tidak mengalami pecah kongsi soal calon wakil presiden.

Pihaknya menyebut, Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja di China dan tidak mempermasalahkan hal itu. Lanjut Puan menyatakan bahwa PDI-P tetap menghormati dan menghargai semua sikap politik dari sejumlah tokoh.

Namun, tak disebutkan apakah itu terkait sikap politik Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024. Pernyataan itu disampaikan Puan Maharani di Kantor DPP PDIP. Yakni, saat detik-detik menjelang pengumuman bakal cawapres Ganjar Pranowo.

“Enggak ada pecah kongsi, sama sekali. Semuanya baik-baik saja,” terang Puan.

Sebelumnya, Jokowi melakukan kunjungan luar negeri ke China dan Arab Saudi pada Senin (16/10/2023). Adapun kunjungan Jokowi itu untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt and Road Forum (BRF) for International Cooperation.

Adapun dua acara besar yang berlangsung pada Selasa (17/10) dan Rabu (18/10) Jokowi juga akan melakukan kunjungan bilateral dan bertemu dengan Presiden Xi Jin Ping di gelaran tersebut.

Selain itu, Jokowi juga akan bertemu Perdana Menteri China,Ketua Parlemen China, Zhao Leji untuk membahas sejumlah isu perdagangan hingga investasi antar kedua negara.

Setelah ke China, Jokowi melanjutkan kunjungannya ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota, Mohammed bin Salman dan memimpin KTT ke-1 ASEAN-GCC.

“Sejumlah isu prioritas yang akan kita bahas dengan RRT, antara lain peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi, dan pembangunan ketahanan pangan. Pada tanggal 18 Oktober saya akan melanjutkan perjalanan ke Riyadh, Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan kunjungan resmi bersama Putra Mahkota Perdana Menteri Arab Saudi dan memimpin KTT pertama ASEAN-GCC—Gulf Cooperation Council,” jelas Jokowi.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *