Kam. Des 7th, 2023

 

Harian Deteksi РAda beberapa  jenis terong merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang enak, ternyata terong juga menawarkan berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Terong merupakan tanaman daerah tropis yang berasal dari benua Asia, terutama Indonesia, India, dan Myanmar. Sayuran ini memiliki kadar air yang tinggi sehingga baik untuk menyeimbangkan diet. Selain itu, terong juga dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

Untuk mengetahui manfaat terong yang lain, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Manfaat Terong untuk Kesehatan
Sejak dahulu, terong sudah dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Berikut ini sejumlah manfaat terong yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Memelihara Kesehatan Jantung
Dilansir dari E-Book yang berjudul ‘Agribisnis Budidaya Tanaman Terong Ungu’ oleh Sulardi dkk, terong mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang dipercaya bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung flavonoid atau pigmen yang larut dalam air sehingga mampu mengatasi berbagai gangguan pada jantung.

2. Menurunkan Kolesterol
Manfaat terong yang baik untuk kesehatan berikutnya adalah mampu menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terong mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh manusia.

Hal ini karena terong mengandung senyawa asam klorogenat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, sayuran ini juga tidak mengandung kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi.

3. Baik untuk Otak
Manfaat terong lainnya juga dipercaya bisa menjaga kesehatan otak. Hal ini dikarenakan terong mengandung nasunin yang merupakan zat antioksidan yang mampu menjaga kesehatan otak manusia.

Nasunin mampu melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas. Selain itu, terong juga mengandung antosianin yang dapat memicu peredaran darah menuju otak dan mencegah peradangan saraf otak.

4. Mencegah Kanker
Kandungan polifenol, antosianin, asam klorogenat pada terong dipercaya memiliki manfaat untuk menurunkan risiko kanker. Selain itu, zat ini juga dipercaya mampu mencegah tumor dan menghentikan penyebaran kanker dalam tubuh.

Senyawa aktif tersebut juga bisa membuang racun dan membunuh sel kanker.

5. Membuat Kulit Lembut dan Bercahaya
Manfaat lain yang bisa dirasakan jika mengkonsumsi terong adalah mampu membuat kulit lebih lembut dan bercahaya.

Terong mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu melembabkan dan menutrisi kulit dari dalam.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam terong juga berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga secara tidak langsung sayuran ini mampu menjaga kulit untuk tetap sehat.

6. Baik untuk Ibu Hamil
Selanjutnya, terong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Terong dipercaya mampu mengurangi resiko bayi lahir cacat karena mengandung asam folat.

Selain itu, terong juga mengandung vitamin C, niasin, vitamin B kompleks, vitamin A,

Vitamin E, kalium, tembaga, mangan, dan zat besi yang bisa menjaga keseimbangan elektrolit tubuh ibu hamil. Mineral dan vitamin tersebut dapat mencegah dehidrasi pada ibu hamil sehingga sangat baik untuk perkembangan bayi.

7. Mencegah Diabetes
Manfaat terong bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu mencegah diabetes. Hal ini karena terong mengandung serat dan polifenol yang dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, terong juga bisa mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan hormon insulin dalam darah.

8. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Terong mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Terong mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa membantu proses kerja usus menjadi lebih lancar dan mencegah penyakit sembelit.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Terong juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hal ini karena terong mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

10. Menurunkan Darah Tinggi
Manfaat terong yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu menurunkan darah tinggi.

Kandungan flavonoid dalam terong dipercaya mampu menurunkan kadar darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah komplikasi pada ibu hamil.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan
Selain mampu menurunkan darah tinggi, terong juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena terong merupakan salah satu makanan rendah kalori dan kaya akan serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

12. Memelihara Kesehatan Tulang
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan tulang adalah dengan mengkonsumsi terong.

Terong mengandung mangan yang mampu membantu proses pembentukan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Sehingga, hal ini bisa mengurangi risiko osteoporosis pada tulang.

13. Melindungi Tubuh dari Infeksi Bakteri
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan nasunin dan asam klorogenat pada terong memiliki efek antibakteri yang bisa melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

Beberapa jenis bakteri yang dimaksud antara lain Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Pseudomonas aeruginosa.

14. Meningkatkan Fungsi Kognitif
Fungsi kognitif merupakan fungsi kompleks pada otak manusia yang melibatkan aspek memori, baik jangka pendek atau jangka panjang, perhatian, perencanaan, dan nalar serta strategi dalam berfikir.

Kandungan fitonutrien dalam terong mampu melindungi membran sel otak dari kerusakan dan memfasilitasi transfer pesan dari satu sel ke sel lain.

15. Menjaga Kesehatan Mata
Terong mengandung lutein yang bermanfaat sebagai pigmen warna pada mata manusia bagian makula dan retina.

Selain itu, terong juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan.

Itulah penjelasan tentang 15 manfaat terong yang baik untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya detikers.

Sumber : Detikcom

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *