Kam. Des 7th, 2023

HARIAN DETEKSI “Selama ini orang tahu kolagen hanya untuk antipenuaan. Padahal, manfaat kolagen lainnya adalah untuk pertumbuhan massa otot, kesehatan tulang, jantung, dan mood lebih baik.”

Catat, Ini 7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Catat, Ini 7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Mungkin kamu sering mendengar tentang kolagen dan perannya sebagai antipenuaan. Mungkin kamu juga pernah membaca, kalau seiring pertambahan usia, kadar kolagen mengalami penurunan. Nah, kedua informasi ini memang benar.

Kolagen adalah sejenis protein berserat tidak larut yang paling banyak jumlahnya dalam tubuh. Selain bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen memberi struktur dan kekuatan pada tulang dan jaringan tubuh.

Apa itu Manfaat Kolagen?Serba-serbi Suplemen Kolagen dan Rekomendasi Produk Terbaik | Orami

Manfaat Kolagenadalah sebuah molekul atau protein berserat keras dan tidak larut. Protein ini berfungsi untuk menyatukan jaringan tubuh. Selain itu, memainkan peran utama dalam banyak struktur tubuh, seperti:

  • Kulit.
  • Tendon.
  • Pembuluh darah.
  • Tulang rawan.
  • Tulang.

Tingkat kolagen yang sehat berkontribusi pada:

  • Kesehatan sendi.
  • Perlindungan ginjal dan organ lainnya.
  • Elastisitas kulit.
  • Sistem kardiovaskular yang sehat.

Ada sekitar 28 jenis Manfaat Kolagen dan semuanya memiliki struktur yang berbeda. Sebagian besar terbentuk dari fibril, yang panjang, struktur tipis yang kuat dan fleksibel.

Pada kulit, kolagen memberikan kekuatan dan elastisitas. Seiring bertambahnya usia, kadarnya bisa menurun, menipis, dan melemah. Itulah sebabnya, banyak produk perawatan kulit yang mengandung kolagen.

Selain bertambahnya usia, gaya hidup dapat membuat produksinya menurun. Simak artikel Ini Kebiasaan yang Membuat Produksi Kolagen Tubuh Menurun.

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh 

Selain merekatkan, protein ini juga dapat mempercepat proses pemulihan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, dan melenturkan tendon serta kulit. Jika kadarnya cukup, berikut beberapa manfaat kolagen untuk tubuh:

1. Menjaga Kekuatan Rambut

Senyawa pembentuk sepertiga protein tubuh ini terdiri dari beberapa jenis asam amino yang membentuk keratin. Keratin ini merupakan protein utama yang membentuk jaringan rambut. Jika produksinya meningkat, kondisi rambut rontok bisa kamu cegah.

Ini sesuai dengan hasil penelitian yang terbit dalam Journal of Cosmetic Dermatology yang mengatakan kolagen dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penipisan rambut.

Selain kolagen, rambut membutuhkan asupan nutrisi lainnya dalam jumlah tepat. Agar dapat memenuhi nutrisi ini setiap harinya, kamu bisa mengonsumsi vitamin.

2. Mencegah kerusakan pada folikel rambut

Folikel rambut adalah kantong kecil pada kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Kolagen berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

3. Membantu mengurangi nyeri sendi

Nyeri sendi dapat membuat kamu sulit bergerak dan berolahraga. Nah, kolagen dalam bentuk suplemen dapat mendukung jaringan ikat dan meredakan nyeri sendi setelah berolahraga. Mengonsumsi protein ini dalam bentuk oral juga dapat mendukung perbaikan tulang rawan dan memiliki efek antiinflamasi.

Jika kamu sering mengalami nyeri sendi, supaya tidak kambuhan, baca cara mengatasinya pada artikel: Begini Cara Mencegah Nyeri Sendi Kembali Kambuh.

4. Menjaga kesehatan usus

Kadar kolagen yang menurun dapat memicu risiko penyakit iritasi usus. Mengonsumsi suplemen protein ini dapat mengatasi masalah kesehatan usus. Selain itu, kolagen adalah bagian dari jaringan ikat, yang membentuk usus besar dan saluran pencernaan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kolagen dalam bentuk minuman dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, protein ini dapat melunakkan penumpukan kolesterol di dinding arteri.

6. Membantu menguatkan tulang

Tulang sebagian besar terbuat dari kolagen, yang memberi mereka struktur dan kekuatan. Sama seperti kolagen dalam tubuh yang menurun seiring bertambahnya usia, begitu pula massa tulang. Kondisi ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Dalam sebuah penelitian selama 12 bulan, wanita pascamenopause mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dengan 5 gram kolagen. Sementara itu, kelompok wanita lainnya hanya suplemen kalsium dan vitamin D tanpa kolagen setiap hari.

Pada akhir penelitian, mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium, vitamin D, dan kolagen memiliki kadar protein darah yang baik. Kondisi ini secara signifikan membuat risiko kerusakan tulang menurun ketimbang mereka yang hanya mengonsumsi kalsium dan vitamin D.

Kelompok kolagen juga mengalami kehilangan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah.

7. Berpotensi menjaga kesehatan kuku

Kuku beberapa orang lebih mudah patah ketimbang orang lain dan tidak tumbuh secepat itu. Sebuah penelitian pada sekelompok wanita menunjukkan pertumbuhan kuku yang lebih cepat dan lebih sedikit kuku yang patah atau terkelupas setelah hanya 4 minggu mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari.

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan

Selain untuk tubuh secara keseluruhan, kolagen juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kecantikan, meliputi:

1. Mengurangi garis halus pada wajah

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan

Menurut penelitian yang terbit dalam jurnal Dermatology Practical & Conceptual, menyebutkan bahwa bukti suplemen kolagen baik oral maupun aplikasi langsung ke kulit, dapat meningkatkan kelembapan, elastisitas, dan hidrasi kulit.

Tak hanya itu,  suplemen dengan kandungan protein asam amino ini dapat mengurangi kerutan dan kekasaran kulit.

2. Mengurangi selulit

Selulit yang tampak pada permukaan kulit muncul ketika jaringan lemak menembus serat hingga ke lapisan kulit teratas. Protein alami ini bekerja dengan mempercepat proses perbaikan dan regenerasi sel kulit pada jaringan kulit.

3. Melancarkan sirkulasi darah ke kulit

Kolagen dapat memperkuat struktur pembuluh darah. Selain itu, pembuluh darah yang kuat dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik, termasuk kulit. Oksigen dan zat gizi yang terbawa oleh darah tersebut yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Itulah beberapa manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Meski banyak manfaatnya, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait penggunaannya, ya. Sebab, penggunaan berlebihan atau sembarangan, berisiko picu dampak negatif.

Di antaranya adalah diare, dispepsia, rasa tidak enak di mulut, sakit kepala, pusing, susah tidur, dan ruam. Bahkan, efek samping parah bisa mengakibatkan anafilaksis (alergi berat sampai mengancam nyawa) dan kelainan hati. Karena itu, jangan ragu untuk menghubungi dokter jika mengalami masalah-masalah kesehatan ini!

Berbagai Manfaat Kolagen untuk Kesehatan

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *