Jum. Des 1st, 2023
Ledakan RS di Gaza Yang Tewaskan 471 Orang Membuat 7 Negara Ini Bereaksi

Harian Deteksi – Sebuah rumah sakit (RS) di Gaza terkena serangan pada Selasa, (17/10/2023) di tengah perang Hamas-Israel.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, 471 orang tewas dan 314 orang terluka, dikutip dari BBC.

Sementara itu, Juru Kementerian Kesehatan di Gaza, Dr Ashraf Al Qudra menyalahkan Israel atas ledakan tersebut.

Meski demikian, Israel menegaskan bahwa mereka tidak bersalah atas ledakan rumah sakit tersebut.

Berikut adalah reaksi dari sejumlah negara terhadap kejadian tersebut, dikutip dari Al Jazeera:

1. Palestina

Juru Bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam serangan udara tersebut sebagai tindakan genosida dan bencana kemanusiaan.

 

2. Yordania

Kementerian Luar Negeri Yordania mengutuk keras serangan Israel dan menekankan perlunya perlindungan internasional bagi warga sipil Palestina dan diakhirinya pertempuran.

3. Mesir

Pemerintah Mesir telah mengeluarkan pernyataan yang mengecam serangan tersebut dengan tegas, menyerukan komunitas internasional untuk turun tangan dan mencegah pelanggaran lebih lanjut.

4. Qatar

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan, serangan tersebut menandai peningkatan yang berbahaya.

“Perluasan serangan Israel di Jalur Gaza hingga mencakup rumah sakit, sekolah, dan pusat populasi lainnya merupakan eskalasi yang berbahaya,” ujarnya.

5. Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam serangan tersebut melalui pernyataan di media sosial.

“Penghancuran terhadap rumah sakit yang menampung perempuan, anak-anak dan warga sipil tak berdosa adalah contoh terbaru serangan Israel yang tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang paling mendasar,”

“Saya mengajak seluruh umat manusia untuk mengambil tindakan guna menghentikan kebrutalan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Gaza.” tulisnya.

6. Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan hal yang sama.

“Berita yang keluar dari Gaza sangat mengerikan dan benar-benar tidak dapat diterima‚Ķ hukum internasional harus dihormati dalam hal ini dan dalam semua kasus. Ada aturan seputar perang dan tidak diperbolehkan memukul rumah sakit,” kata Trudeau kepada wartawan.

7. Iran

Kementerian luar negeri Iran mengecam serangan udara tersebut sebagai serangan terhadap “orang-orang yang tidak bersenjata dan tidak berdaya”, lapor media pemerintah Iran.

 

 

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *