Kam. Nov 30th, 2023
Lalat
HARIAN DETEKSI – Lalat memiliki kemampuan terbang yang super gesit. Kalau gak percaya, coba tangkap dengan tangan kosong. Sebagian orang akan sepakat kalau hal tersebut bukan hal mudah. Bahkan jika menggunakan alat bantu sekalipun, menangkap lalat masih jadi hal menantang.Kenapa lalat sulit ditangkap? Apakah serangga ini punya mode super sehingga bisa berpindah tempat dalam sepersekian detik?

Kenapa lalat sulit ditangkap?

Kenapa Lalat Sulit Ditangkap? Ini Alasannya Menurut Sains

Secara garis besar, lalat melakukan banyak adaptasi fitur tubuh yang dapat membuatnya meningkatkan kecepatan, kemampuan manuver, hingga persepsi. Hal tersebut membuat lalat sangat baik soal gerak, bahkan untuk mendeteksi pukulan paling cepat sekalipun.

Lalat rumah yang memiliki nama ilmiah Musca domestica memiliki modifikasi sayap belakang yang berevolusi menjadi struktur kecil mirip tongkat dengan kenop di ujungnya. Bagian tubuh ini disebut sebagai halter. Halter berguna untuk menstabilkan tubuh selama lalat terbang dengan merasakan rotasi tubuh dan mengirim informasi ke sayap, melansir Live Science.

Sebuah penelitian baru yang dipublikasi dalam Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences mencoba bereksperimen dengan melibatkan lalat jenis Diptera Calyptratae. Studi tersebut membuktikan peran halter sebagai bagian tubuh untuk lepas landas cepat, stabil, hingga alasan kenapa lalat sulit ditangkap.

Penelitian yang dilakukan menggunakan kamera super cepat hingga 3 ribu frame per detik ini menunjukkan bahwa lalat, terutama jenis Diptera Calyptratae, dapat lepas landas hanya dalam 0,007 detik dengan sekali kepakan sayapnya. Sementara itu, lalat non-Calyptratae terbang dengan 0,039 detik dengan empat kepakan sayap.

Peneliti pun mencoba membius lalat dan melepaskan halter yang dimilikinya. Lalat jenis Calyptratae membutuhkan waktu lebih lama untuk mengudara. Namun, lalat lain tanpa halter dapat lepas landas dengan kecepatan sama alias tidak terpengaruh.

Halter bukan satu-satunya alasan kenapa lalat bisa terbang dengan cepat. Kepakan sayap yang super cepat tersebut menghasilkan kekuatan yang cukup untuk mendorong lalat menjauh dari pemangsa.

Penglihatan lalat yang canggih

Kenapa Lalat Sulit Ditangkap? Ini Alasannya Menurut Sains

Penglihatan juga jadi satu alasan kenapa lalat sulit ditangkap. Mata lalat berperan besar dalam menghindari bahaya. Mereka bisa melihat secara luas dari segala sisi. Bukan hanya itu, jika manusia bisa melihat sekitar 60 kilatan cahaya per detik, maka lalat bisa melihat sekitar 250 kilatan cahaya yang membuatnya dapat memproses gambar dengan sangat cepat, melansir Big Think.

Lebih lanjut, sekitar 200 milidetik sebelum lepas landas, lalat akan menggunakan input visual untuk peringat bahaya yang akan terjadi. Dengan demikian, lalat dapat menyesuaikan postur dan menentukan arah terbang ke tempat yang lebih aman, melansir studi lebih lawas dalam Current Biology.

Kecanggihan penglihatan tersebut memungkinkan lalat melihat dunia dalam gerakan lambat. Uniknya, mski kamu berpikir sudah bergerak super cepat, mata lalat menangkap gerakanmu dalam mode slow motion, melansir Maggies Farm Products. Lalat pun bisa mengantisipasinya dengan terbang lebih cepat. Kombinasi yang super kuat untuk menjawab mengapa lalat tidak bisa dipukul, bukan?

Meski lalat hanya punya otak seukuran biji poppy, otaknya memiliki kemampuan untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya melansir penjelasan Dr.van Swinderen dalam The University of Queensland. Hal tersebut juga bisa jadi alasan kenapa lalat sulit ditangkap.

 

 

 

 

https://hariandeteksi.com/

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *