Jum. Des 1st, 2023

HARIAN DETEKSI – Manfaat minyak cendana bagi kesehatan cukup banyak. Minyak yang memiliki aroma unik ini sudah lama digunakan untuk meredakan flu, mengurangi peradangan, dan menenangkan pikiran. Minyak cendana pun juga bermanfaat untuk kecantikan, lho.

Manfaat minyak cendana untuk kesehatan sudah lama digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional. Ini karena minyak cendana memiliki efek antiradang dan antibakteri, sehingga bisa mengobati berbagai jenis penyakit.

8 Manfaat Minyak Cendana bagi Kesehatan dan Kecantikan - Alodokter

Minyak cendana berasal dari akar dan kayu pohon cendana atau tanaman dengan nama latin Santalum album. Minyak esensial ini memiliki aroma lembut yang khas seperti kayu sehingga cukup populer digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran dan mengatasi stres.

Daftar Manfaat Minyak Cendana bagi Kesehatan8 Manfaat Minyak Cendana bagi Kesehatan dan Kecantikan - Alodokter

Minyak cendana mengandung berbagai zat kimia yang memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antivirus. Selain itu, minyak ini juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Berkat efeknya ini, minyak cendana memiliki beragam manfaat kesehatan yang meliputi:

1. Mengurangi peradangan

Ekstrak kayu cendana diketahui memiliki sifat antiradang yang cukup kuat. Berkat efek ini, kayu cendana sudah digunakan secara turun temurun untuk mengatasi peradangan, misalnya nyeri sendi dan nyeri otot.

Selain itu, kayu cendana juga bisa digunakan untuk mengobati gejala eksim. Namun, manfaat kayu cendana ini belum bisa menggantikan pengobatan eksim dari dokter, ya.

2. Meredakan gejala flu

Manfaat minyak cendana untuk kesehatan selanjutnya adalah meredakan flu. Ini karena minyak cendana bersifat antiradang. Selain itu, minyak cendana juga bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi pilek dan batuk saat flu.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak cendana ke air hangat, lalu hirup uapnya selama beberapa menit.

3. Menenangkan pikiran8 Manfaat Minyak Cendana bagi Kesehatan dan Kecantikan - Alodokter

Menghirup aroma minyak cendana bisa memperbaiki suasana hati yang sedang kacau. Aromanya yang harum dan menenangkan dipercaya bisa memperbaiki suasana hati.

Ditambah lagi, minyak cendana juga mampu mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh sehingga bisa mengurangi rasa cemas dan stres. Oleh karena itu, minyak cendana cocok dimanfaatkan sebagai aromaterapi atau campuran diffuser.

4. Membantu proses penyembuhan luka

Karena bersifat antiradang, minyak cendana bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka ringan di kulit, misalnya luka lecet. Selain itu, kandungan antibakteri pada minyak ini membuatnya cocok digunakan sebagai antiseptik alami.

Namun, untuk menggunakannya, kamu perlu mencampur beberapa tetes minyak cendana dengan carrier oil, seperti minyak kelapa atau minyak kedelai. Ini bertujuan agar minyak cendana tidak menimbulkan rasa perih pada kulit saat digunakan.

5. Mengurangi kerutan di kulit

Kandungan antioksidan pada minyak cendana berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Soalnya, zat ini bisa mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel-sel kulit.

Tak hanya itu, minyak cendana juga termasuk minyak esensial alami yang bisa melembapkan kulit, sehingga baik digunakan untuk mengurangi dan mencegah munculnya kerutan.

6. Mencerahkan kulit

Efek antiradang dan antioksidan pada minyak cendana juga disebut bisa mencerahkan kulit dan mencegah kemunculan flek atau bintik kecoklatan di kulit. Manfaat minyak cendana ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih.

7. Mangatasi jerawat

Manfaat minyak cendana berikutnya adalah mengatasi jerawat. Ini karena minyak cendana bersifat antibakteri dan antiradang, sehingga mampu mengatasi infeksi bakteri dan mengatasi peradangan yang muncul di kulit saat terjadi jerawat.

Namun, manfaat minyak cendana ini mungkin hanya bisa diperoleh oleh orang yang memiliki kulit kering atau normal, ya. Untuk orang yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu saat hendak menggunakan minyak cendana sebagai obat jerawat.

8. Membasmi kutu rambut

Di India, minyak cendana sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan ayuverda untuk membasmi kutu rambut. Manfaat ini juga didukung oleh beberapa riset yang menunjukkan bahwa minyak cendana mampu membasmi kutu rambut dan telurnya.

Lebih hebatnya lagi, minyak cendana juga bermanfaat untuk meredakan iritasi dan peradangan di kulit kepala, sehingga bisa digunakan sebagai salah satu obat untuk membasmi ketombe.

Guna memperoleh manfaat minyak cendana untuk kesehatan dan kecantikan seperti yang telah dipaparkan di atas, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak ini ke dalam humidifier dan hiruplah uap airnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak cendana sebagai minyak pijat. Namun, campurkan minyak ini dengan minyak lainnya, seperti minyak almond atau losion terlebih dahulu, ya.

Apabila ingin merasakan manfaatnya untuk kesehatan kulit, cobalah gunakan produk skincare yang mengandung minyak cendana. Namun, oleskan secara tipis-tipis terlebih dahulu ke kulit.

Segera hentikan penggunaan minyak cendana jika kulit terasa gatal, kemerahan, terasa panas, dan bentol-bentol. Selanjutnya, segera konsultasikan ke

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *