Kam. Nov 30th, 2023

60 Hari Tak Diguyur Hujan, Kekeringan di Lembeh Utara Bitung Tergolong Ekstrem

Harian Deteksi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kekeringan yang melanda Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung,┬áSulut┬átergolong ekstrem.

“Wilayah itu sudah lebih dari 60 hari tidak diguyur hujan,” ucap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Muhammad Candra Buana, Minggu (5/11/2023).

Selain di Kecamatan Lembeh Utara, ada enam kecamatan di kabupaten dan kota berbeda yang dikategorikan hari tanpa  hujan (HTH) panjang hingga sangat panjang.

Lima daerah dengan kategori sangat panjang dengan HTH antara 44-47 hari yaitu, Kecamatan Poigar di Kabupaten Bolaang Mongondow dengan 44 HTH, selanjutnya beberapa wilayah Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara dan Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa masing-masing sudah 45 hari belum diguyur hujan.

Sedangkan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara dan Kecamatan Bunaken, Kota Manado masing-masing sudah 46 HTH dan 47 HTH.

Satu-satunya daerah dengan kategori HTH panjang adalah Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yaitu 23 HTH.

Dia berharap, pada kondisi kekeringan ini, masyarakat bijak memanfaatkan air untuk kebutuhan keseharian, termasuk ketika melakukan pembukaan lahan untuk pertanian.

“Harap menghindari pembukaan lahan dengan cara membakar agar tidak memicu kebakaran yang lebih luas,” ujarnya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *