Kam. Des 7th, 2023

Harian Deteksi – Terlalu sering mengucek mata bisa menyebabkan mata merah, infeksi, kerusakan kornea, hingga keratokonus. Untuk menghindarinya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

https://hariandeteksi.com/
Mengucek mata terlalu keras dapat melukai kornea mata

Ketika mata gatal, kelilipan, kelelahan, atau mengantuk, tak jarang orang refleks untuk mengucek mata. Namun, kebiasaan ini ternyata bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan jika dilakukan terlalu sering. Lantas, apa saja bahaya mengucek mata?

Bahaya mengucek mata

Berikut berbagai bahaya yang mengintai akibat terlalu sering mengucek mata:

1. Mata merah dan mata panda
Kebiasaan kucek mata dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil di mata. Hal ini bisa membuat mata menjadi merah atau muncul lingkaran hitam di bawah mata (mata panda). Kondisi ini mungkin tidak terasa menyakitkan, tapi bisa mengganggu penampilan.

2. Bahaya Iritasi mata

Bahaya mengucek mata juga dapat terjadi akibat gesekan benda asing atau tekanan yang terjadi di mata, salah satunya iritasi. Setelahnya, pembengkakan bisa terjadi sebagai respons tubuh terhadap iritasi tersebut. Tidak jarang pembengkakan ini juga menimbulkan nyeri pada mata.

3. Infeksi mata
Ketika menggosok mata, kuman dari tangan dapat dengan mudah berpindah. Hal ini bisa memicu terjadinya infeksi pada mata, seperti konjungtivitis.

Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput tipis yang melapisi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Kondisi ini dapat mengakibatkan mata merah, gatal, serta berair.

4. Kerusakan kornea
Gerakan mengucek mata sering dilakukan berulang dan kasar hingga berisiko menyebabkan rusaknya kornea mata. Hal ini umumnya terjadi ketika ada benda asing yang masuk ke mata, seperti saat kelilipan.

Nah, menggosok mata dapat menimbulkan gesekan dengan benda asing tersebut, sehingga kornea mata tergores dan rusak. Kondisi ini disebut dengan abrasi kornea.

5. Gangguan mata yang makin parah
Apakah kamu memiliki gangguan mata tertentu? Jika iya, mengucek mata bisa memperparahnya.

Sebagai contoh, saat orang dengan miopia progresif mengucek matanya, hal ini dapat memperburuk penglihatannya.

Sementara, pada penderita glaukoma, tekanan karena mengucek mata bisa mengganggu aliran darah ke bagian belakang mata dan menyebabkan kerusakan saraf. Akibatnya, penderita dapat mengalami kehilangan penglihatan secara permanen.

6. Keratokonus
Bahaya mengucek mata secara terus-menerus bisa berujung pada perubahan bentuk kornea. Kondisi ini disebut dengan keratokonus, yaitu kondisi ketika kornea mata mengalami penipisan dan bentuknya menjadi lebih kerucut.

Kerotokonus dapat menyebabkan gangguan penglihatan, bahkan mungkin hingga memerlukan cangkok kornea di masa mendatang.

Segera periksakan diri ke dokter jika kamu mengalami gejala yang mengarah pada kerusakan mata, seperti sakit mata, sensitif terhadap cahaya, penurunan kemampuan penglihatan, mata merah atau meradang, penglihatan kabur, sakit kepala, mual, serta kelelahan.

Dengan berbagai bahaya mengucek mata yang dapat terjadi, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

 

Sumber : Sehatq.com

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *